Pengalaman Baru

Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada masalah, karena klo tidak ada masalah yang yang menghinggapi laptop saya , saya tidakk akan mendapatkan pelajaran yang berarti.

sekali lagi….kajulung-julung memang tidak baik..dan sudah terbukti pada saya selama bertahun tahun. walaupun hal itu serinng terjadi, namun saya masih terus mengulanginya…(mentong orang ceroboh).hahaha……

yang akan saya ceritakan adalah masalah yang saya buat bersamaan dengan keluarnya versi terbaru dari Slackware. Ceritanya seperti ini:

pertama…..karna saya ngebet sekali untuk mencoba Slackware 13.1, dan pada akhirnya saya mendapatkan iso-nya. maka saya ingin mencoba untuk menggunakannya. namun karena kemalasan dan kecerobohan saya, maka yang saya lakukan adalah meng-upgrade paket-paketnya saja.

singkat cerita….saya telah me-mount file iso-nya di folder mnt, kemudian saya copy direktory slackware ke root. nahhh……….setelah itu saya keluar dari X dengan “tombol 3 dewa” hehe……lalu saya mengetikan “tilinit 1” kemudian dengan kajulung-julungnya*(istilah makassar coy) saya langsung saja mengetikkan perintah-perintah berikut:

upgradepkg /root/slackware/a/pkgtools-*.tgz
upgradepkg /root/slackware/a/tar-*.tgz


installpkg /root/slackware/a/xz-*.tgz
upgradepkg /root/slackware/a/findutils-*.txz

upgradepkg /root/slackware/a/glibc-solibs-*.t?z

upgradepkg –install-new /root/slackware/*/*.t?z

setelah semua perintahnya berjalan maka saya barisan masalah itu  muncul satu persatu dan saling berkejaran…hahahaha……”apa are mii njo”….??

naahh…masalah-masalah yang timbul adalah……kernel panic……dan cara mengatasinya adalah menginstal ulang lilo-nya….

caranya yaitu:

booting dengan dvd slackware….hingga terlihat tulisan “boot: ” (jangan lihat  tanda kutipnya…)

lalu ketikkan “hugesmp.s root=/dev/”partisi anda” rdinit=ro”

maka system anda akan terload……

setelah msuk d system saya mengedit ulang lilonya dan menginstall ulang dengan perintah “lilo -v lalu enter”

tadaaa…………..maka slackware 13.1 sya sdah kembali…..!!hohohoh…….!!!

By xadhimx

Leave a Reply

