Convert m4a ke mp3 dengan script

Haloo…..!!

Setelah sekian lama tidak ngupdate blog, akhirnya…sekarang terupdate lagi..haha…

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips yang mungkin bermanfaat untuk para pengguna linux…:p terutama yang suka dengar musik.

Ceritanyaa…suatu hari saya mendownload sebuah album…setelah selesaii terdownload, saya ekstrak dan ternyata filenya berbentuk *.m4a. alhasil saya mencoba untuk memutarnya dengan pemutar musik dan ternyata ada beberapa pemutar musik yang belum mendukung *.m4a. Jadi saya berfikir, daripada pilih2 pemutar musik atau ngupdate itu pemutar musik, mending filenya yang saya rubah jadi *.mp3.

Setelah tanya-tanya Om ku….ada sebuah cara yang sederhana untuk merubah file *.m4a ke *.mp3. Namun harus diperhatikan bahwa lame dan faad2 harus sudah terinstall pada linux anda.

Caranya yaitu dengan membuat sebuah file dengan nama m4a2mp3, setelah itu paste script berikut ke file tersebut.

nah ini dia script nya:

#!/bin/bash

for i in *.m4a; do echo "Converting: ${i%.m4a}.mp3"

faad -o - "$i" | lame - "${i%.m4a}.mp3"

done

Setelah itu, jangan lupa merubah permision dari file tersebut dengan cara:

chmod +x m4a2mp3

maka file tersebut sudah menjadi eksekutable. Anda jug adapat menjadikannya perintah dengan cara memindahkan file tersebut ke /bin/

mv m4a2mp3 /bin/

Untuk merubah file m4a, maka kita harus berada pada direktory file *.m4a tersebut lalu jalankan perintah m4a2mp3

Sekian dari saya..mdah-mudahan bermanfaat…wassalamm…!!!

2 comments on “Convert m4a ke mp3 dengan script

Leave a Reply

